Kamis, 21 Oktober 2010

KAMMI Makassar Agustusan dengan Anak Jalanan

MAKASSAR--Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Makassar menggelar "Persembahan Anak Negeri dari Makassar untuk Indonesia".
Kegiatan ini ditandai dengan pelaksanakan Upacara Bendera di Fly Over pada Selasa, 17 Agustus. Uniknya, upacara ini diikuti oleh anak jalanan se kota Makassar. Sedangkan yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Jihad, Mahasiswa Kedokteran Gigi Unhas.

Dalam orasinya, Jihad mengharapkan agar tetap ada rasa bangga dengan kemerdekaan yang telah diraih, karena diantara banyak negara yang merdeka hanya dua negara yang mampu merebutnya dengan tangan sendiri secara utuh yaitu Indonesia dan Vietnam. "Kemerdekaan itu harus kita kawal. Jangan sampai hanya dianggap simbolisasi. Harus ada dorongan untuk melahirkan sosok kepemimpinan demi masa depan bangsa." Ungkap Jihad.

Salah seorang panitia yang ditemui, Agus, mengatakan, anak jalanan tersebut merupakan anak-anak binaan SSC yaitu sebuah lembaga semi otonom dibawah KAMMI Daerah Makassar yang khusus bergerak di bidang sosial dan Rumah Zakat Indonesia.

Senada dengan Agus, Jusman Dalle Humas KAMMI Daerah Makassar menambahkan, pada sore hari kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Kegiatan ini disponsori oleh Rumah Zakat Indonesia (RZI) dan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU). Ini adalah rangkaian kegiatan Ramadan dan peringatan 17 Agustus yang diadakan oleh KAMMI Daerah Makassar.

"Lewat kegiatan ini paling tidak ada dua hal yang ingin kita capai. Pertama kita ingin menggugah pemerintah, bahwa masih banyak masyarakat khususnya generasi muda penerus bangsa ini yang belum merasakan kemerdekaan, dimana mereka harus bertarung untuk survive. Kedua, kita ingin menanamkan nilai-nilai Nasionalisme sejak dini pada diri generasi ini. Sehingga diharapkan ke depan bangsa kita menjadi bangsa yang berkarakter, mandiri dan berdaulat" ungkap Jusman.

Rencananya, besok akan diadakan Dialog Merah Putih dengan membedah perjuangan kemerdekaan Indonesia dari perspektif sejarah Islam. Dialog ini sendiri akan menghadirkan sejarawan Islam lokal dan juga mantan Wakil Ketua DPRD Sulsel Ust.Surya Darma Lc. (sam/nin)

0 komentar:

Posting Komentar