Senin, 31 Januari 2011

DM III KAMMI WILAYAH SULSELRABAR*

*TRAINING KEPEMIMPINAN NASIONAL
(Daurah Marhalah III KAMMI“Qiyadatul Mustaqbal”)

Gambaran Umum
1. Daurah Marhalah III Nasional yang dilakukan oleh KAMMI Pusat / yang dilakukan secara teknis KAMMI Wilayah SulSelRaBar merupakan bagian dari ikhtiar untuk menerapkan Manhaj Kaderisasi KAMMI 1427 H

2. Daurah ini akan dilaksanakan pada tanggal 24-27 Februari 2011 di Makassar Sulawesi Selatan dengan tema “Revivalisasi Gerakan Pemuda Menjawab Ekspektasi Bangsa dalam Merevolusi Kepemimpinan Nasional”

3. Calon Peserta diwajibkan memenuhi syarat peserta DM III sebagaimana tercantum dalam Manhaj KAMMI 1427 H
a. Telah mendapatkan sertifikasi IJDK AB 2
b. Aktif dalam kegiatan KAMMI
c. Aktif dalam kegiatan KAMMI (Kamda, Komisariat atau diberdayakan dalam wajihah da’wah yang lain)
d. Bersedia Menjadi Pimpinan Kamda, Pimpinan atau Pengurus Pusat
e. Sudah terbina secara kontinyu minimal 2 Tahun
f. Mendapat Rekomendasi Kamda

4. Beberapa tahapan yang akan dilalui yaitu:
a. Tahap Sosialisasi : 1-3 Februari 2011
b. Tahap Seleksi Daerah : 7-20 Februari 2011
c. Tahap Pendaftaran Ulang : 21-23 Februari 2011
d. Tahap Pra DM III : 23 Februari 2011
e. Tahap DM III : 24-27 Februari 2011

Tahap Sosialisasi
1. Tahap Sosialisasi dilakukan oleh Tim SC DM III (PJ Administrasi Sulawesi Selatan: Asfi Raihan 085255813349 dan PJ Administrasi Sulawesi Tenggara dan Barat : Mustika 085242332395)
2. Sosialisasi akan dilakukan secara kontinyu melalui email Ketua Kammda masing-masing, Weblog KAMMI Daerah Makassar (www.kammi-makassar.blogspot.com), akun Facebook Group DM III SulSelRaBar (Bagi yang belum terivite harap menghubungi PJ Administrasi masing-masing) dan SMS.
3. Sosilisai diharapkan diteruskan melalui berbagai jaringan komunikasi dan media yang dimiliki oleh wilayah/daerah/komisariat masing-masing yang memungkinkan setiap kader mengetahui informasi perkembangan DM III

Tahap Seleksi
1. Tahap Seleksi dilakukan oleh Tim Seleksi Daerah
2. Tim Seleksi merupakan setiap Kader AB III yang ditetapkan dan dikoordinir oleh Kaderisasi KAMMI Daerah
3. Tahap Seleksi adalah sebuah tahapan awal DM III dimana kader – kader yang telah memenuhi persyaratan calon peserta DM III mengikuti rangkaian seleksi untuk ditetapkan sebagai delegasi dari daerahnya
4. Rangkaian seleksi meliputi tes tulis, tes wawancara dan sidang tugas Makalah
5. Makalah dibuat mengacu pada TEMA DM III SulSelRaBar, spasi 2, Margin 4-4-3-3.
6. Bahan Seleksi ditetapkan oleh Kaderisasi KAMMI Pusat Cq: kaderisasi KAMMI Wilayah SulSelRabar dengan pengembangan dilakukan oleh Tim Seleksi tanpa mengurangi bobot seleksi
7. Tim Seleksi menetapkan dan menyerahkan nama utusan daerahnya selambat – lambatnya sehari sebelum pendaftaran ulang melalui SMS ke nomor panitia seleksi DM 3 ( PJ Administrasi Masing-masing)

Tahap Pendaftaran Ulang
1. Kader yang telah ditetapkan menjadi utusan oleh Tim Seleksi Daerah diwajibkan melakukan pendaftaran ulang dengan mengirimkan:
a. Application form yang telah dibuat oleh SC DM III
b. Makalah Hasil Screening
c. Membayar biaya dauroh
d. Makalah dan Application form dikirim melalui email PJ Administrasi Masing-masing
2. Utusan Daerah yang terlambat mendaftarkan diri dianggap mengundurkan diri
3. Utusan Daerah yang telah mendaftarkan diri terikat dengan tahap selanjutnya hingga selesai

Tahap Pra DM III
1. Pra DM III dilakukan secara mandiri untuk menyempurnakan persiapan kader.
2. Kegiatan Pra DM III ditekankan pada pengayaan materi sebagaimana tercantum dalam Manhaj KAMMI 1427 H
3. Setiap penugasan Pra DM III sebagaimana tercantum dalam manhaj, harus mendapat pengesahan dari Tim Seleksi yang ditulis dalam Surat Keterangan Telah Melaksanakan Penugasan Pra DM III

Tahap DM III
1. DM III dilakukan selama empat hari dengan rangkaian acara yang telah ditetapkan oleh SC DM III
2. Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan mematuhi hak dan kewajiban sebagai peserta
3. Sebagai syarat kelulusan, di hari terakhir satu angkatan wajib membuat sebuah buku yang merupakan bunga rampai tulisan seluruh peserta DM III. Tema tulisan akan disepakati oleh dan dalam forum angkatan.
4. Persyaratan administrasi yang wajib dibawa oleh peserta:
a. Berkas seleksi dari tim seleksi berupa soal, jawaban dan rekap nilai
b. Surat Rekomendasi dari Ketua KAMMI Daerah / KAMMI Wilayah / KAMMI Pusat
c. Surat Referensi dari salah satu tokoh daerah (Minimal sbb: Bupati/walikota, Anggota DPRD, Ketua MUI/Ormas islam, Ketua DPD Parpol, Dan Dim, Kapolres, Rektor/Guru Besar)
d. Foto 4 X 6 dan 3 X 4 (Masing – masing 2 Lembar)
e. Print out Peta geografis, peta demografis dan pemetaan politik daerah
f. Bahan bacaan (referensi)
g. Membawa Laptop untuk memudahkan pembuatan buku
5. Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta yaitu:
a. Pakaian resmi : Kemeja + dasi, Batik, Celana Hitam
(Akhwat menyesuaikan) + Sepatu resmi
b. Pakaian olahraga :Kaos, celana olahraga (akhwat menyesuaikan) + sepatu olahraga
c. Pakaian ibadah
d. Catatan untuk akhwat: Selama sesi resmi tidak boleh memakai kerudung berbahan kaos.

Markas Dakwah, 31 Januari 2011
SC / Tim Seleksi / Tim Daurah DM III
KAMMI SULSELRABAR
Ketua

Jihad Harun Sandiah, S.KG

Catatan:
1. Segala sesuatu yang terkait dengan seleksi, pendaftaran, peserta dan terkait kebijakan lain DM 3 dapat ditanyakan ke PJ Administrasi masing-masing

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap.....ayo IKUT DM III!!!! :)

JUNIAWAL mengatakan...

sukses....Allahu akbar

Syahid mengatakan...

Bismillahir Rahmanir Rahim

Salam dan selawat

Kepada:

Mahasiswa
Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Indonesia.

Pertanyaan mahasiswa: Adakah kalian bersetuju semua sahabat itu sesat kecuali 3 orang: Miqdad bin Aswad, Abu Dzar dan Salman al-Farisi menurut sumber Syiah?

Jawapan 1.

Al-Qur'an sebagai asas agama Islam

Sesat atau kafirnya seorang muslim termasuk sahabat, adalah terletak kepada sejauh mana mereka percaya dan menghayati ajaran al-Qur'an dalam kehidupan mereka.

Jawapan 2

Sunnah Nabi saw sebagai asas agama Islam selepas al- Qur'an.

2. Sejauh mana mereka percaya dan menghayati Sunnah Nabi saw dalam kehidupan mereka.

Jawapan 3

3.Justeru, ia bukan soal kalian bersetuju atau pun tidak dengan seorang itu sesat atau kafir kerana ia berkait rapat dengan sistem nilai yang diakui oleh Allah dan Rasul-Nya.

Jawapan 4

4. Sumber Sunni tentang kesesatan atau kekafiran majoriti para sahabat Nabi saw selepas kewafatan Nabi saw kerana mereka telah mengubah Sunnah Nabi saw, boleh didapati dalam Sahih al- Bukhari, Kitab al-Riqaq, bab al- Haudh, hadis no.584, 585,586, dan 587.
Hadis no. 587 menyatakan bahawa mereka (sahabat) telah murtad ke belakang. Justeru, aku tidak melihat mereka (sahabat) terselamat melainkan segelintir daripada mereka (bilangan yang sedikit) seperti unta yang tersesat atau terbiar daripada pengembalanya (mithlu humali nna'am).

Jawapan 5

5. Sahih Muslim, bab Ithbat Haudhi Nabiyyi-na menyatakan bahawa hanya sedikit sahaja sahabat yang selamat kerana mereka telah mengubah Sunnah Nabi saw. Lihat, hadis no. 26, (2290), (2291), no. 27 (2293), 28, (2294), 32 (2297), 40 (2304).

Hadis no. 29 (2295) " Sesungguhnya aku akan mendahului kamu di Haudh. Tidak ada seorang pun daripada kamu (para sahabatku) akan mendatangiku sehingga dia akan dihalau atau diusir daripadaku sebagaimana dihalau atau diusir unta yang sesat (bilangan yang sedikit).
Aku bersabda: Apa salahnya? Sesungguhnya anda tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh mereka selepas anda meninggalkan mereka. Jauh! Dari rahamat Tuhan (suhqan).

Jawapan 6

Al-Qur'an

6. Hanya sedikit sahaja di kalangan orang Islam yang mengikut al-Qur'an 100% sebagaimana Firman-Nya Surah al-Saba' (34): 13 " dan sedikit sahaja di kalangan hamba-hamba-Ku yang berterima kasih". Ini bererti kebanyakan orang-orang Islam sama ada sahabat atau bukan sahabat sedikit sahaja yang berterima kasih. Justeru, mereka disiksa oleh Allah swt kerana tidak berterima kasih.

Jawapan 7

7. Sila baca teks Sahih al-Bukhari dan Sahih Muslim tentang kekafiran majoriti para sahabat kerana mereka telah mengubah Sunnah Nabi saw. Justeru, ia menyalahi akidah Ahli Sunnah Wal Jamaah yang percaya semua sahabat adalah adil.

Jawapan 8

8. Kekafiran majoriti para sahabat selepas kewafatan Nabi saw sengaja disembunyikan oleh para ulama Ahli Sunnah Wal-Jamaah dan Wahabi di Nusantara. Mereka meninggalkan penerjemahan bab al- Haudh dari Sahih Bukhari dan Sahih Muslim ke dalam bahasa ibunda. Justeru, umat Islam di Nusantara tidak mengetahuinya, lalu mereka menuduh Syiah mengkafirkan para sahabat Nabi saw pula. Pada hakikatnya, Nabi saw sendiri yang telah mengkafirkan majoriti para sahabatnya kerana mereka telah menguban Sunnahnya menurut Sahih Bukhari dan Sahih Muslim.

Jawapan 9

9. Sila lihat, renungan 92. "Pengubahan al-Qur'an (Tahrif al-Qur'an) dalam buku-buku Sunni, Pengubahan Sunnah Rasulullah saw, penghinaan terhadap Rasulullah saw oleh para sahabat dan kekafiran majoriti para sahabat oleh Rasulullah saw sendiri" sila layari: al-mawaddah. info






Posting Komentar