Senin, 22 Maret 2010

Posisi dan Goal KAMMI pada Kasus Century

Ditemui pada jeda waktu istirahat setelah selesai memimpin aksi memperingati hari anti korupsi sedunia yang jatuh tanggal 9 Desember 2009, Rijalul Imam, Ketua Umum KAMMI 2009-2010 tampak masih sibuk menerima panggilan dari telepon selularnya, dengan senyum bapak yang telah memiliki dua putra ini meminta dengan sopan agar reporter web KAMMI menunggu sebentar untuk memulai wawancara.

Berikut wawancara lengkap Rijal tentang Sikap, posisi dan Goal KAMMI untuk kasus Bank Century oleh tim web KAMMI.

Bagaimana KAMMI menyikapi kasus Bank Century?

Kasus Century adalah kasus besar. Prahara bagi Negara, dimana uang 6,7 Triliun itu dirampok secara sistematis. Kita menilai ini sebagai kriminalisasi terhadap Negara. Entah boleh jadi Negara sendiri yang melakukan kriminalisasi terhadap dirinya sendiri.karena 6,7 T itu ya hilang setelah di Bail Out. Maka sikap KAMMI mendesak kepada pimpinan KPK untuk mengusut tuntas, karena baru KPK yang saat ini bisa dipercaya, kemudian adapun PANSUS kita pun menaruh kepercayaan dan memberi kesempatan pada PANSUS untuk menyelesaikan kasus Century ini tapi kepercayaan ini tidak gratis, karena kalau PANSUS ini hanya berakhir dengan kompromi politik, maka KAMMI akan cabut kepercayaan terhadap PANSUS.

Saya datang kemarin ke kantor KPK bertemu pimpinan KPK setelah Bibit dan Chandra kembali untuk meminta dan mendorong mereka menyelesaikan kasus ini tanpa reses dan tanpa cuti.

KAMMI adalah gerakan mahasiswa, dimana posisi KAMMI pada kasus ini?

Sebagai gerakan mahasiswa, posisi kita sudah jelas sebagai Controling, mengawasi seluruh kebijakan yang terkait dengan masalah Bank Century ini termasuk making decision yang diambil di BI dan DPR dalam hal ini adalah pansus. Selain itu gerakan mahasiswa adalah gerakan penekan, kita akan menekan dan mendorong terus pada pemerintah dan pada penegak hukum untuk menuntaskan kasus ini secara hokum bukan secara politik, artinya sekalipun yang terkena adalah wapres, menkeu dll ya harus di usut, juga termasuk presiden kalau ternyata dia terindikasi. Parameternya adalah penegakan hukum.

Setelah untuk kesekian kalinya KAMMI melakukan aksi turun kejalan, audiensi, dsb bagaimana Goal KAMMI kedepannya?


Goal utama KAMMI adalah penegakan hukum secara transparan dan adil, artinya bukan hukum yang kompromi di belakang tapi terbuka pada masyarakat siapa yang bersalah untuk dihukum seberat - beratnya. Karena ini bukan masalah 3 buah coklat yang diambil oleh nenek minah, tapi ini uang rakyat sebesar 6,7 Triliun. Goal yang kedua ,kita igin dengan aksi kammi ini ujungnya ini adalah menghentikan sindikat mafia barkeley (para bandit ekonom). Goal yang ke tiga adalah Reformasi Perbankan menuju pada Perbankan Syariah. Saya sangat mendorong sekali bila ada praktisi perbankan syariah yang berbicara untuk kasus Bank Century ini. Ini momentum bagi mereka untuk menunjukkan bahwa perbankan islam memberikan solusi seluas-luasnya bagi perekonomian di Indonesia. Bicara pada masyarakat, inilah hasil produk ekonomi neo liberal, adanya bail out, depresi ekonomi, dsb. Coba sekarang tampil para praktisi ekonomi syariah.

0 komentar:

Posting Komentar